Susu unta merupakan salah satu jenis susu yang sering dikonsumsi di Arab Saudi. Susu ini bahkan biasa diminum oleh jemaah yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Unta adalah hewan khas Arab Saudi yang bisa dijumpai di daerah bernama Hudaibiyah, tak jauh dari batas kota Mekkah. Hewan berjenis mamalia ini memproduksi susu yang pamornya tak kalah dari susu sapi atau susu kambing.

Seperti dilansir organicfacts.net, susu unta sebelumnya hanya dijadikan sebagai pengganti jika ketersediaan susu sapi atau kambing menipis. Meski demikian, beberapa ahli berkeyakinan bahwa susu unta menyimpan manfaat yang lebih besar daripada susu jenis lain. Ini karena susu unta memiliki kandungan lemak yang rendah, tapi tinggi akan kandungan zat besi, vitamin C, dan protein.

Manfaat sehat susu unta

Dilansir dari berbagai sumber, ada banyak manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari susu unta. Berikut beberapa manfaat sehat yang dimaksud:

1. Mencegah diabetes

Susu unta memiliki banyak kandungan gizi, termasuk insulin, yang merupakan komponen penting dari kesehatan manusia. Keseimbangan antara insulin dan glukosa sangat penting untuk pencegahan diabetes. Dengan ini, susu unta dapat menjadi solusi alami yang membawa pembaruan bagi pengobatan diabetes.

Terkait itu, peneliti mengatakan bahwa susu unta yang dikonsumsi secara rutin dan teratur mampu menghilangkan kebutuhan pasien diabetes akan suntikan insulin.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Susu unta menyimpan sejumlah protein dan senyawa organik lain yang penting bagi kesehatan tubuh. Beberapa di antara kandungan gizi tersebut memiliki kemampuan antimikroba yang kuat. Ini berarti susu unta dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat terhindar dari penyakit infeksi.

3. Merangsang pertumbuhan sistem organ dan tulang

Protein hewani yang tinggi pada susu unta dapat membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan tulang serta sistem organ tubuh. Tak heran, dalam beberapa budaya Timur Tengah dan Afrika, susu unta diberikan pada bayi dan anak-anak yang kekurangan gizi.

4. Mencegah anemia

Zat besi adalah komponen penting dari sel darah merah. Bila Anda kekurangan zat besi, yang akan terjadi adalah kurang darah alias anemia. Nah, berkat kandungan zat besi yang tinggi, susu unta dapat menjadi solusi dari masalah ini.

5. Pengobatan autisme

Banyak studi kasus menunjukkan bahwa gejala autis telah berkurang atau hilang sepenuhnya ketika susu unta dikonsumsi secara teratur.

6. Pengobatan alergi

Susu unta tidak menyebabkan reaksi intoleransi laktosa, yang muncul seperti pada susu sapi. Ini karena susu unta memiliki susunan kimia yang berbeda secara signifikan. Bahkan, beberapa temuan sempat menyebutkan bahwa susu unta mampu mengurangi risiko alergi jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

7. Kesehatan jantung

Dengan serangkaian asam lemak yang sehat dan lengkap, susu unta dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol di dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan turut mencegah terbentuknya plak aterosklerosis yang merupakan cikal-bakal penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung.

Sejauh ini belum ada penelitian maupun berita mengenai efek samping atau bahaya dari konsumsi susu unta. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila Anda ingin coba untuk mengonsumsinya. Jika timbul keraguan, jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. ~ Sumber Artikel Terkait ~

Benarkah Minum Susu Unta Lebih Sehat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
×
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

ana Alif Em Abror, ada yang bisa ana bantu?